Senin, 07 November 2016

analisis iklan axis



ANALISIS IKLAN (AXIS)

"MANAJEMEN PEMASARAN"

DOSEN: TUBAGUS WAHYUDI, SE.






  
  
Disusun Oleh:
 Shinta Aprianti
Administrasi Bisnis



Institute Manajemen Wiyata Indonesia
Jl. Gudang No. 7 - 9 Kota Sukabumi 43112
No. Telp. (0266) 235 717







Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha, dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Manajemen pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, hubungan masyarakat, penjualan, dan promosi penjualan.

Semakin berkembang nya media informasi, kini televisi menjadi media paling efektif karena menggunakan audio visual yang lebih mudah di ingat oleh para konsumen, Menurut Arens (dalam Lubis, 2007) iklan dikatakan sebagai komunikasi informasi yang terstruktur dan disusun bukan oleh perseorangan, biasanya dibayar dan untuk secara alami umumnya membujuk tentang produk (barang, jasa, dan ide) yang diidentifikasikan sponsor lewat berbagai media.

PT Natrindo Telepon Seluler pada awalnya merupakan bagian dari group lippo. Natrindo merupakan perusahaan operator telekomunikasi seluler GSM 1.800 MHz pertama di Indonesia dengan fokus awal untuk beroperasi di wilayah jawa timur dengan merek dagang "Lippo Telecom" sejak bulan Mei 2001. Dan Pada tanggal 7 Juni 2011 diubah dari PT Natrindo Telepon Seluler menjadi PT AXIS Telekom Indonesia.

Sekarang- sekarang ini axis gencar membuat iklan yang dapat menarik konsumen salah satunya iklan yang terkenal dan sering di parodikan oleh anak-anak muda sekrang yaitu iklan seorang murid sma yang sedang menelpon temannya namun bahasanya tdak di mengerti karena di singkat-singkat alasannya agar dia irit nepon hingga muncul sekelompok dangdut keliling  di depannya dan seorang laki-laki yang berpakaian hawai yang sekrang menjadi ikon axis di setiap iklan yang memberitahukan bahwa irit tidak perlu di singkat-singkat dan hanya dengan menggunakan axis bisa nelpon dengan biaya irit.





Iklan tersebut bila di lihat memang tidak masuk di akal dan terlalu sederhana bila di lihat saluran telpon siswa sma tersebut dapat sampai ke berbagai negara dan di dengar di seluruh dunia, namun dengan pengemasan iklan yang lucu dan dapat diingat oleh banyak orang bahkan orang tua saja hapal dengan iklan tersebut, tidak hanya itu banyak parody-parodi lainnya yang menjadikan buming dengan iklan tersebut sehingga nama axis pun melekat di telinga masyarakat Indonesia.
dan iklan tersebut tdak memberikan pesan khusus bagi penggunanya, karena mereka hanya mengunggulkan kelucuan yang terjadi pada para pelajar sekarang ini.

Iklan axis ini dapat dikatan berhasil untuk menarik para konsumen karena di bandingkan dengan dengan iklan provider lainnya iklan axis ini sangat unik, mudah dingat, lucu dan fresh sehingga dapat menjadi ciri khas sendiri bagi axis dengan mengingat iklan tersebut secara langsung mengingat produk tersebut.

Tujuan iklan axis

tujuan iklan dari axis itu sendiri adalah tentunya untuk memberi informasi terhadap konsumen bahwa melakukan komunikasi atau menelpon tidak perlu sulit dan di singkat-singkat karena exis sendiri memiliki solusi yaitu dengan menggunakan axis itu sendiri, dan dari maksud iklan tersebut memberitahukan pula bahwa segmen utama exis ada pelajar.

Apakah ada pelanggaran etika dalam penayangan iklan axis ?

menurut saya iklan axis ini masih sesuai etika periklanan, meskipun tidak banyak pesan moril yang di sampaikan pada iklan tersebut dan hanya menyampaikan produk yang di miliki oleh axis itu sendiri, dengan cara penyampaian yang sederhana dan lucu sehingga dapat di terima oleh masyarakat .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar