Senin, 07 November 2016

pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan



PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN


"PEMASARAN JASA"

DOSEN: TUBAGUS WAHYUDI, SE.






  
  
Disusun Oleh:
 Shinta Aprianti
Administrasi Bisnis




Institute Manajemen Wiyata Indonesia
Jl. Gudang No. 7 - 9 Kota Sukabumi 43112
No. Telp. (0266) 235 717



Di era yang serba instan ini sudah banyaknya perusahaan yang menjual tidak hanya berbentuk barang namun untuk memanjakan dan memudahkan para konsumen untuk mengerjakan suatu hal perusahaan sekarang ini lebih tertarik untuk menjual produk jasa yang dimana yang menjadi kunci utama adalah sebuah pelayanan yang di berikan perusahaan terhadapa pelanggan.

Untuk itu Kepuasan pelanggan adalah menjadi kunci utama dalam penjualan produk dimana dalam hal tersebut menjadikan pelayanan sebagai hal yang paling di unggulkan dimana untuk mempengaruhi pelanggan agar tetap menjadi pelanggan setia produk tersebut, sehingga pelayanan menjadi bagian terpenting untuk kepuasan pelanggan dan menjadi sebuah tantangan bagi perusahaan yang menjual sebuah jasa karena bila adahal yang di lakukan melenceng dari aturan dapat berdampak pada produk yang kita jual.

Dari hal tersebut saya membuktikan dari pengalam saya pribadi dalam membeli sebuah produk dimana menyediakan pelayanan delivery saya membeli sebuah pakaian di sebuah situs jual beli akaian dan sepatu pada bulan februari 2016 dimana pakaian tersebut akan saya pakai untuk ke pernikahan sodara saya untuk itu saya membeli dari jauh-jauh hari , saya memesan pakaian long dress warna hitam dengan cardigan warna grey dalam gambar tertulis jelas warna dan harganya, lalu saya menghubungi damin dari situs jual beli tersebut dan deal dengan warna dan harga yang sesuai di gambar dan kedatangan barang tiga hari setelah memesan, singkat cerita sampailah di hari yang telah di janjikan namun sudah larut malam pun barang tersebut belum juga sampai dan saya coba untuk konfirmasi kembali untuk menanyakan barang yang pesan dengan alamat bla,bla, kenapa belum sampai?, namun tidak ada respon, saya tetap menunggu dan ternyata barang tersebut sampai lima hari setelah pemesanan, dan saya lihat pakaian yang saya pesan ternyata salah warna yang datang adalah long dress hitam dengan cardigan berwarna hitam pula.

Selain itu saya penah mangalami kekecewaan kembali ketika saya akan menjahit sebuah baju kemeja karena saya sudah membeli beberapa meter bahan untuk di jadikan kemeja, dan saya mendatangi orang yang menjual jasanya untuk menjahit pakaian dan ini kedatangan saya pertama kali di tempat ini, saya mencoba menerangkan pakaian yang saya inginkan lalu orang tersebut merespon mengerti bahkan dia membuat gambar sketsa untuk memberikan gambaran model yang saya inginkkan dan saya menyetujui hal tersebut, lalu saya di ukur untuk di sesuaikan dengan ukuran badan saya dan di perkirakan satu minggu pakaian tersebut selesai di buat, setelah satu minggu saya kembali untuk mengambil pakaian tersebut namun saya belum lihat hasilnnya saya langsung menyakan berapa yang harus saya bayar setelah membayar saya langsung pulang untuk melihat dan mencoba pakaian tersebut, ketika saya lihat dan saya coba ternyata pakaian tersebut tidak sesuai dengan yang saya inginkan karena terlihat lebih ke pakaian seorang laki-laki dan ada beberapa jahitan yang menumpuk dan ada beberapa bagian yang menjadikan saya kecewa sehingga saya tidak untuk mejahit pakaian lagi di tempat tersebut.
           
 hal tersebut menjadi hal yang sangat mengecewakan untuk konsumen sehingga dapat berdampak trauma dan tidak ingin bertransaksi atau mempercayai kembali, untuk itu sebuah pelayanan dapat berujung baik apabila konsumen benar-benar di layani dengan baik pula dan sesuai yang di janjikan, dan mungkin hal tersebut menjadi sebuah pengalaman dan pembelajan bagi saya dan menjadi perhatian teman-teman untuk lebih berhati-hati dalam membeli atau menggunakan jasa lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar