PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN
PELANGGAN
"PEMASARAN
JASA"
DOSEN: TUBAGUS WAHYUDI, SE.
DOSEN: TUBAGUS WAHYUDI, SE.
Disusun
Oleh:
Shinta
Aprianti
Administrasi
Bisnis
Institute
Manajemen Wiyata Indonesia
Jl. Gudang
No. 7 - 9 Kota Sukabumi 43112
No. Telp.
(0266) 235 717
Di era
yang serba instan ini sudah banyaknya perusahaan yang menjual tidak hanya
berbentuk barang namun untuk memanjakan dan memudahkan para konsumen untuk
mengerjakan suatu hal perusahaan sekarang ini lebih tertarik untuk menjual
produk jasa yang dimana yang menjadi kunci utama adalah sebuah pelayanan yang
di berikan perusahaan terhadapa pelanggan.
Untuk
itu Kepuasan pelanggan adalah menjadi kunci utama dalam penjualan produk dimana
dalam hal tersebut menjadikan pelayanan sebagai hal yang paling di unggulkan
dimana untuk mempengaruhi pelanggan agar tetap menjadi pelanggan setia produk
tersebut, sehingga pelayanan menjadi bagian terpenting untuk kepuasan pelanggan
dan menjadi sebuah tantangan bagi perusahaan yang menjual sebuah jasa karena
bila adahal yang di lakukan melenceng dari aturan dapat berdampak pada produk
yang kita jual.
Dari
hal tersebut saya membuktikan dari pengalam saya pribadi dalam membeli sebuah
produk dimana menyediakan pelayanan delivery saya membeli sebuah pakaian di sebuah
situs jual beli akaian dan sepatu pada bulan februari 2016 dimana pakaian
tersebut akan saya pakai untuk ke pernikahan sodara saya untuk itu saya membeli
dari jauh-jauh hari , saya memesan pakaian long dress warna hitam dengan
cardigan warna grey dalam gambar tertulis jelas warna dan harganya, lalu saya
menghubungi damin dari situs jual beli tersebut dan deal dengan warna dan harga
yang sesuai di gambar dan kedatangan barang tiga hari setelah memesan, singkat
cerita sampailah di hari yang telah di janjikan namun sudah larut malam pun
barang tersebut belum juga sampai dan saya coba untuk konfirmasi kembali untuk
menanyakan barang yang pesan dengan alamat bla,bla, kenapa belum sampai?, namun
tidak ada respon, saya tetap menunggu dan ternyata barang tersebut sampai lima
hari setelah pemesanan, dan saya lihat pakaian yang saya pesan ternyata salah
warna yang datang adalah long dress hitam dengan cardigan berwarna hitam pula.
Selain
itu saya penah mangalami kekecewaan kembali ketika saya akan menjahit sebuah
baju kemeja karena saya sudah membeli beberapa meter bahan untuk di jadikan
kemeja, dan saya mendatangi orang yang menjual jasanya untuk menjahit pakaian
dan ini kedatangan saya pertama kali di tempat ini, saya mencoba menerangkan
pakaian yang saya inginkan lalu orang tersebut merespon mengerti bahkan dia
membuat gambar sketsa untuk memberikan gambaran model yang saya inginkkan dan
saya menyetujui hal tersebut, lalu saya di ukur untuk di sesuaikan dengan
ukuran badan saya dan di perkirakan satu minggu pakaian tersebut selesai di
buat, setelah satu minggu saya kembali untuk mengambil pakaian tersebut namun
saya belum lihat hasilnnya saya langsung menyakan berapa yang harus saya bayar
setelah membayar saya langsung pulang untuk melihat dan mencoba pakaian tersebut,
ketika saya lihat dan saya coba ternyata pakaian tersebut tidak sesuai dengan
yang saya inginkan karena terlihat lebih ke pakaian seorang laki-laki dan ada
beberapa jahitan yang menumpuk dan ada beberapa bagian yang menjadikan saya
kecewa sehingga saya tidak untuk mejahit pakaian lagi di tempat tersebut.
hal
tersebut menjadi hal yang sangat mengecewakan untuk konsumen sehingga dapat
berdampak trauma dan tidak ingin bertransaksi atau mempercayai kembali, untuk
itu sebuah pelayanan dapat berujung baik apabila konsumen benar-benar di layani
dengan baik pula dan sesuai yang di janjikan, dan mungkin hal tersebut menjadi
sebuah pengalaman dan pembelajan bagi saya dan menjadi perhatian teman-teman
untuk lebih berhati-hati dalam membeli atau menggunakan jasa lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar